746hari sejak
Penyiapan bahan pembahasan RKA-KL IPDN Tahun 2013

Renstra IPDN

Jajak Pendapat

Online Chatt

TUGAS POKOK DAN FUNGSI  BAGIAN PERENCANAAN IPDN

DASAR HUKUM:
  1. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2009 tentang Statuta Institut Pemerintahan Dalam Negeri;
  2. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 60 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Pemerintahan Dalam Negeri;
  3. Peraturan Rektor Insitut Pemerintahan Dalam Negeri Nomor   10  Tahun 2010 Tentang Rincian Tugas Jabatan Pada Satuan Kerja di Lingkungan Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
Berdasarkan Peraturan Rektor Insitut Pemerintahan Dalam Negeri Nomor   10  Tahun 2010 Tentang Rincian Tugas Jabatan Pada Satuan Kerja di Lingkungan Institut Pemerintahan Dalam Negeri, pada Paragraf Pertama, Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Kerjasama:

Pasal 50 :

  1. Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Kerjasama mempunyai tugas menyelenggarakan urusan administrasi akademik, perencanaan, kerjasama dan pelatihan.
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Kerjasama menyelenggarakan fungsi :
    • Pelaksanaan administrasi akademik;
    • Pelaksanaan administrasi perencanaan;
    • Pelaksanaan administrasi kerjasama; dan
    • Pelaksanaan administrasi pelatihan.
  3. Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Kerjasama mempunyai rincian tugas :
    • Merumuskan sasaran program bidang administrasi akademik, perencanaan dan kerjasama;
    • Mengkoordinasikan penyusunan bahan Rencana Induk Pengembangan IPDN;
    • Mengkoordinasikan penyusunan standarisasi kurikulum dan bahan ajar;
    • Mengkoordinasikan penyusunan kebijakan akademik;
    • Mengkoordinasikan penyusunan program kerja tahunan biro, lembaga penelitian, lembaga pengabdian masyarakat, program pascasarjana dan fakultas;
    • Menyiapkan bahan arahan pelaksanaan program dilingkungan IPDN;
    • Membina dan mengarahkan pelaksanaan tugas-tugas bagian administrasi  akademik, bagian perencanaan, bagian kerjasama dan bagian pelatihan;
    • Mengkoordinasikan penyiapan bahan penyusunan LAKIP IPDN;
    • Mengkoordinasikan penyelenggaraan pelatihan non mata kuliah dan praktek lapangan praja;
    • Mengkoordinasikan penyusunan rencana kerjasama pendidikan dan non pendidikan dalam dan luar negeri;
    • Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan Rektor.
  4. Administrasi Akademik, Perencanaan dan Kerjasama terdiri dari :
    • a.    Bagian Akademik;
    • b.    Bagian Perencanaan;
    • c.    Bagian Kerjasama; dan
    • d.    Bagian Pelatihan.
Pasal 54:
  1. Bagian Perencanaan sebagaimana disebut pada pasal 50 ayat (4) huruf b mempunyai tugas melaksanakan administrasi program dan anggaran, evaluasi dan pelaporan.
  2. Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bagian Perencanaan menyelenggarakan fungsi:
    • Pelaksanaan administrasi penyusunan program dan anggaran;
    • Pelaksanaan administrasi penyusunan evaluasi dan pelaporan.
  3. Bagian Perencanaan mempunyai rincian tugas :
    • Mengkoordinasikan penyusunan Renstra IPDN;
    • Menganalisis dan menelaah rencana kerja dan anggaran dari masing-masing unit kerja dan IPDN kampus di Daerah;
    • Membahas dan menganalisis rencana kerja IPDN (Renja IPDN)
    • Menyusun, mambahas dan menelaah Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL) berdasarkan pagu indikatif, pagu sementara dan pagu defenitif;
    • Menyusun , membahas dan menelaah usulan revisi kegiatan dan anggaran serta penyiapan bahan usulan APBNP;
    • Mendesain, menyusun restrukturisasi program, masterplan, pedoman penyusunan anggaran, kontrak kinerja dan penetapan kinerja tahunan serta penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU);
    • Menganalisis laporan pelaksanaan tugas saluruh unit kerja;
    • Membahas laporan kinerja lembaga per triwulan;
    • Membahas evaluasi dan monitoring pelaksanaan program dan kegiatan serta anggaran;
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan Kepala Biro Administrasi Akademik, perencanaan dan Kerjasama;
    • Menyusun target pendapatan dan penggunaan serta pengurusan ijin penggunaan dana PNBP yang berlaku di IPDN;
    • Penyusunan rencana usulan standard biaya khusus dan standar biaya umum;
    • Memfasilitasi penyelesaian administrasi dana hibah.
  4. Bagian Perencanaan terdiri dari :
    • Sub Bagian Program dan Anggaran; dan
    • Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan

Comments