598hari sejak
Penyiapan bahan pembahasan RKA-KL IPDN Tahun 2013

Renstra IPDN

Jajak Pendapat

Online Chatt

Berita Terkini‎ > ‎

Kegiatan Bimbingan Teknis Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Berdasarkan PP 39/2006

diposkan pada tanggal 25 Feb 2011 19.33 oleh admin @ipdn.ac.id

(Jatinangor, 9 Februari 2011) Bagian Perencanaan IPDN kembali memfasilitasi penyelenggaraan  Kegiatan Bimbingan Teknis Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan bagi staf dan pejabat terkait di Lingkungan IPDN selama 2 hari (9-10 Februari 2011) bertempat di Hotel Takashimaya Lembang Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat.  Acara dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Drs. H. I Nyoman Sumaryadi, M.Si (Rektor IPDN) dengan didampingi oleh H. Bambang Iswadji Nugroho, SH (Kepala Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Kerjasama) dan Bahri, S.STP, M.Si (Kepala Bagian Perencanaan IPDN).

Peserta yang mengikuti Kegiatan Bimbingan Teknis Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri Tahun 2011 adalah Kepala Bagian tata Usaha, Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan dan Staf yang menangani pelaporan dari semua satuan kerja IPDN Kampus Daerah (Kampus Bukittinggi, Rokan Hilir, Gowa dan Minahasa) serta Kepala Sub Bagian Evaluasi/Pelaporan dari unit kerja pada IPDN Kampus Pusat (Kampus Jatinangor), dan staf  yang menangani pelaporan, yang semuanya berjumlah 35 orang.

Maksud kegiatan untuk memberikan panduan agar terdapat kesamaan pemahaman dan keterpaduan langkah-langkah pada semua unit kerja dan satuan kerja di IPDN yang terlibat dalam pelaksanaan pembuatan tekhnis pelaporan triwulanan.  Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah :

  1. Memberikan kesamaan visi dan persepsi tentang pelaksanaan pembuatan pelaporan khususnya yang terkait dengan pembuatan pelaksanaan pelaporan triwulanan;
  2. Memberikan pengayaan kepada unit kerja dan satuan kerja tentang teknis pelaksanaan dan pembuatan pelaporan triwulanan sesuai dengan perubahan teknis pelaporan;
  3. Memberikan wawasan baru kepada unit kerja dan satuan kerja dalam pembuatan pelaporan triwulnan dengan penerapan aplikasi PP 39 Tahun 2006;
  4. Perbaikan dalam pembuatan pelaporan kinerja (laporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi) setiap unit kerja serta laporan realisasi kegiatan dan anggaran (PP 39 Tahun 2006).


Bapak Bambang Iswadji Nugraha dalam laporan acara pembukaan mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas alokasi sumberdaya, serta meningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan program pembangunan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 tentang Tatacara Pengendalian Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan. Berdasarkan peraturan dimaksud terdapat beberapa tatacara pengendalian yang diatur antara lain:

  1. Pengendalian dilakukan dengan maksud untuk dapat menjamin bahwa pelaksanaan rencana pembangunan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
  2. Pemantauan adalah kegiatan mengamati perkembangan pelaksanaan rencana pembangunan, mengidentifikasi serta mengantisipasi permasalahan yang timbul dan atau akan timbul untuk dapat diambil tindakan sedini mungkin.
  3. Evaluasi adalah rangkaian kegiatan membandingkan realisasi masukan (input), keluaran (output), dan hasil (outcome) terhadap rencana dan standar.


Lebih lanjut diungkapkan bahwa didalam pelaksanaannya,  pelaporan dilakukan secara berkala dan berjenjang. Berkala dimaksudkan adalah setiap 3 (tiga) bulan (triwulanan), dan 6 (enam) bulan (semester) atau tahunan. Sedangkan berjenjang dimaksudkan adalah dari satu unit kerja paling bawah dalam suatu organisasi sampai pada pucuk pimpinan organisasi. ”Pelaporan merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting di dalam proses pembangunan. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan informasi yang cepat, tepat, dan akurat kepada pemangku kepentingan sebagai bahan pengambilan keputusan sesuai dengan kondisi yang terjadi serta penentuan kebijakan yang relevan”, tegasnya.

“Berdasarkan hal tersebut dan mengingat kewajiban unit kerja dan periode pelaporan yang diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan serta untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut berbagai upaya terus dilakukan baik melalui evaluasi dengan mengacu pada pengalaman selama ini maupun peningkatan kompetensi pelaksanaan pelaporan yang ada pada unit kerja dan satuan kerja di lingkungan IPDN,  oleh karena itu perlu dilaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri Tahun 2011”, papar Bapak Bambang Iswadji Nugraha.

Pelaksanaan kegiatan Bimtek dimaksud, menghadirkan narasumber dari :

  1. IPDN, dengan materi ” Kebijakan Penyusunan Laporan Realisasi Anggaran dan Laporan Kinerja Lembaga IPDN” oleh Rektor IPDN;
  2. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), dengan materi:
    • Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional
    • Sinergi Perencanaan dan Penganggaran Pusat dan Daerah
    • Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Berdasarkan PP 39/2006
    • Aplikasi PP 39 Tahun 2006
  3. Bagian Monitoring dan Evaluasi pada Biro Perencanaan Kementerian Dalam Negeri, dengan materi:
    • Pengendalian Pelaksanaan Rencana Pembangunan  di Lingkungan Kemendagri
    • Praktek Penyusunan Laporan Triwulanan (Aplikasi PP 39/2006)

Untuk melihat materi selengkapnya klik disini

Sumber : Bagian Perencanaan IPDN dan dokumentasi Humas

Last Update :  Admin ( 13-2-2011 )
















Comments