Berita Terkini‎ > ‎

Kegiatan Bimbingan Teknis Try Out dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Lingkungan IPDN Tahun 2011

diposkan pada tanggal 25 Feb 2011 19.28 oleh admin @ipdn.ac.id   [ diperbarui25 Feb 2011 19.31 ]



(Jatinangor, 24 Januari 2011) IPDN menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Try Out dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Lingkungan IPDN Tahun 2011 difasilitasi oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP).  Acara  dibuka secara resmi oleh Rektor IPDN Prof. Dr. Drs. H. I Nyoman Sumaryadi, M.Si didampingi  oleh Ka. Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Kerjasama Bambang Iswadji, SH dan Ka. Biro Administrasi Umum dan Keuangan Drs. Arief M. Edhie. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari pada tanggal 24 s.d 27 Januari 2011, bertempat di Ruang Graha Wyata Praja IPDN Kampus Jatinangor.
 
Rektor IPDN mengawali sambutannya mengatakan bahwa sesuai dengan undang-undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah mengisyaratkan agar pengadaan barang dan jasa pemerintah yang dibiayai dengan APBN/APBD dilaksanakan dengan efektif, efisien dengan prinsip persaingan yang sehat, transparan, terbuka, dan perlakuan yang adil bagi semua pihak, sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan baik dari segi fisik, keuangan maupun manfaatnya bagi kelancaran tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.
 
Selanjutnya Rektor berharap bahwa proses pengadaan barang/jasa tersebut dapat dilaksanakan secara tepat waktu, efektif dan patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan sehingga kita bisa terhindar dari penyimpangan yang terjadi dalam pengadaan semua sarana dan prasarana dan diharapkan tidak ada temuan yang berindikasi ke sana.  Kepada jajaran IPDN Rektor meminta untuk memberikan perhatian terhadap kebijakan pengadaan barang dan jasa dilingkungan IPDN dimana kebijakan dimaksud dalam rangka meningkatkan efisiensi serta efektivitas dalam pengadaan barang/jasa pemerintah tahun anggaran 2011 sesuai dengan Surat Edaran Rektor Nomor 900/178/IPDN/2010  tanggal 30 Desember 2010.
 
Pada akhir sambutannya Rektor ipdn mengaskan kembali bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka menambah jumlah pegawai di lingkungan IPDN baik Kampus Pusat dan Kampus Daerah yang memiliki sertifikasi pengadaan barang dan jasa. Siapapun yang nantinya akan menjabat sebagai Unit/panitia pengadaan barang/Jasa (ULP) haruslah seseorang yang memiliki integritas moral, disiplin tinggi, tanggungjawab dan kualitas teknis dan manajerial, memiliki sertifikat pengadaan barang/jasa, memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan bertindak, tegas dan menjadi teladan dan tidak terlibat KKN. Demikian halnya pegawai yang lulus ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa agar dapat menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan jangan sampai menyalahi aturan yang ada.
 
Beberapa hal yang mendasari pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Try Out dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah sebagaimana yang diinformasikan oleh Kabag. Perencanaan IPDN Bahri SSTP, M.Si adalah sebagai berikut :
 
A.  Dasar  Penyelenggaraan Kegiatan
  1. Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah;
  2. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri;
  3. Surat Edaran Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Nomor. 02/SE/KA/2010 tanggal 11 Maret 2010 tentang Pemberlakukan Sertifikat Keahlian Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah;
  4. Surat Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Nomor: B-349/LKPP/D.III.3/03/2010 tanggal 10 Maret 2010 perihal Pemberlakuan Sertifikat bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK);
  5. Nota Dinas Ibu Sekretaris Jenderal Nomor: 380/SJ/2010 tanggal 11 Mei 2010 perihal Pemberlakuan Sertifikat bagi Pejabat Pembuat Komitmen;
  6. Surat Keputusan Rektor IPDN Nomor : 027-59 Tahun 2011 tentang Pembentukan Panitia dan Peserta Kegiatan Bimbingan Teknis, Try Out dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Lingkungan IPDN Tahun 2011.

B.  Tujuan

Tujuan pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis, Try Out, dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Lingkungan IPDN Tahun 2011, yaitu untuk:
  1. Memahami ketentuan dan tata cara pengadaan barang dan jasa pemerintah sesuai Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2010;
  2. Memahami pola dan prosedur pengadaan barang dan jasa mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengendalian dan mengaplikasikan kemampuan dalam mengelola kegiatan pengadaan barang dan jasa secara efisien dan efektif.
  3. Memahami serta mengimplementasikan ketentuan-ketentuan khusus tugas sebagai pejabat pembuat komitmen maupun unit/panitia pengadaan barang/jasa dalam bidang tata cara prosedur dengan baik dan benar sesuai ketentuan yang ada serta sertifikasi nasional di bidang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

C.  Sasaran

Sasaran pelaksanaan Bimbingan Teknis, Try Out dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah adalah diharapkan peserta:
  1. Memahami dan menjelaskan latar belakang perubahan kebijakan pengadaan barang dan jasa pemerintah;
  2. Memahami dan menjelaskan kebijakan pengadaan barang dan jasa sesuai Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010;
  3. Mengimplementasikan pelaksanaan swakelola, pengadaan barang, pekerjaan konstruksi, jasa konsultansi, dan jasa lainnya.


D.  Peserta

Peserta yang mengikuti Kegiatan Bimbingan Teknis, Try Out dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah pada lingkungan IPDN berjumlah 80 orang, terdiri dari : Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), unit/panitia pengadaan barang/jasa, pejabat penerima hasil pekerjaan pada Kampus IPDN Pusat (Jatinangor-Cilandak) dan 4 (empat) Kampus IPDN Daerah (IPDN Kampus Bukittinggi, IPDN Kampus Rokan Hilir, IPDN Kampus Gowa dan IPDN Kampus Minahasa). Narasumber berasal dari: Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

E.    Waktu

Kegiatan Bimbingan Teknis, Try Out dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah pada lingkungan IPDN  berlangsung  selama  4 (empat)  hari kerja dari tanggal  24 s.d 27 Januari 2010, bertempat di  Kampus  IPDN Jatinangor. Pelaksanaan ujian sertifikasi dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2011 diawasi langsung oleh Direktur Bina Sertifikasi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

F.    Materi

Materi dalam kegiatan Bimbingan Teknis, Try Out dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah pada lingkungan IPDN antara lain:

1.    Kebijakan dan Landasan Hukum Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa
2.    Mekanisme dan Persiapan Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa

  • Pemaketan
  • Pengumuman rencana pengadaan
  • Jadual pengadaan dan pembentukan panitia
3.    Penyusunan Owner Estimate (OE) / Rencana Anggaran Biaya (RAB)
  • Jasa Pemborongan
  • Jasa Konsultansi
  • Pengadaan Barang
4.    Standar Dokumen Pelelangan Pengadaan dan Penilaian Kualifikasi Jasa Pemborongan
  • Petunjuk untuk peserta lelang
  • Data lelang, bentuk-bentuk surat penawaran, penunjukan dan Surat Perjanjian
  • Syarat-syarat umum dan khusus untuk kontrak
  • Daftar Kuantitas, analisa harga dan metode pelaksanaan
  • Bentuk-bentuk jaminan dan jenis-jenis pelaksanaan lelang
  • Penilaian kualifikasi
5.    Pedoman Penyelenggaraan Kontrak dan Pedoman Penawaran Pengadaan Jasa Pemborongan
  • Penyampaian dan Pembukaan Dokumen Penawaran
  • Evaluasi Dokumen Penawaran
  • Penetapan Pemenang Lelang
  • Pelelangan Gagal dan Pelelangan Ulang
6.    Standar Dokumen Seleksi Umum dan Penilaian Kualifikasi Jasa Konsultansi
  • Petunjuk Untuk Peserta Seleksi
  • Syarat – syarat umum dan Khusus untuk Kontrak
  • Penilaian Kualifikasi
7.    Pedoman Evaluasi Penawaran Jasa Konsultansi
  • Penyampaian dan pembukaan Dokumen Penawaran
  • Evaluasi Dokumen Penawaran (Evaluasi Administrasi, Teknis, Ambang Lulus, penetapan peringkat teknis, pengumuman, sanggahan dan pembuatan berita acara hasil seleksi)
  • Pembukaan Penawaran Biaya
  • Pembuktian Kualifikasi dan Penetapan Pemenang
  • Seleksi Gagal dan Seleksi Ulang
8.    Pengadaan Barang dan Jasa Lainnya
  • Prosedur Pengadaan dan Penyiapan Dokumen
  • Evaluasi Pengadaan Barang dan Jasa Lainnya
9.    Pedoman dan Metodologi Penyusunan Dokumen Kontrak
10.  Pembahasan dan Latihan Ujian Ahli Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah
 
 
Sumber : Bagian Perencanaan IPDN dan dokumentasi Humas
 
Last Update : Admin (2011-01-30; 02:14:46)


Comments