Berita Terkini‎ > ‎

Rektor Buka Kegiatan Pembahasan Draft Laporan Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah (LAKIP) Institut Pemerintahan Dalam Negeri Tahun 2011

diposkan pada tanggal 12 Mar 2011 02.12 oleh admin @ipdn.ac.id
(Lembang, 9 Maret 2011)  Bagian Perencanaan IPDN menyelenggarakan Kegiatan Pembahasan Draft Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Institut Pemerintahan Dalam Negeri Tahun 2010 pada tanggal 9 sd. 10 Maret 2011 bertempat di Hotel Takashimaya - Lembang Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat..  Acara dibuka oleh  Rektor IPDN Prof. Dr. Drs. H. I Nyoman Sumaryadi, M.Si (Rektor IPDN), didampingi Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS (Wakil Rektor), Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si (Pembantu Rektor IPDN Bidang Akademik) dan H. Bambang Iswadji Nugroho, SH (Kepala Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Kerjasama). 
 
Peserta yang mengikuti kegiatan Pembahasan Draft Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah IPDN Tahun 2010 adalah Direktur IPDN Kampus Daerah, Pejabat Program Pascasarjana, Dekan Fakultas Politik Pemerintahan, Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan, Para Kepala Biro, Kepala Bagian Tata Usaha IPDN Kampus Daerah, Kasubbag Program dan Pelaporan IPDN Kampus Daerah, Bagian Perencanaan IPDN, yang semuanya berjumlah 35 orang.
 

Prof. Dr. H. I. Nyoman Sumaryadi, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) adalah dokumen yang berisi gambaran perwujudan AKIP yang disusun dan disampaikan secara sistematik dan melembaga. Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (LAKIP) Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan sarana untuk mempertanggungjawabkan akuntabilitas kinerja IPDN dalam menjalankan tugas dan fungsi pada setiap tahunnya. LAKIP IPDN merupakan gabungan LAKIP IPDN Kampus Jatinangor dengan IPDN Kampus Daerah (IPDN Kampus Bukittinggi, IPDN Kampus Rokan Hilir, IPDN Kampus Minahasa dan IPDN Kampus Gowa), sehingga perlu keterpaduan isi kandungan LAKIP IPDN.

Sementara itu Kabiro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Kerjasama H. Bambang Iswadji Nugroho, SH dalam laporan pembukaan menyebutkan bahwa dasar penyelenggaraan kegiatan adalah :
  1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2006 Tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah, dalam rangka mewujudkan Good Governance yaitu manajemen pemerintahan yang efektif, transparan, akuntabel dan berorientasi kepada hasil;
  2. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 29 tahun 2010 Tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  3. Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 16 Tahun 2004 tentang Sistim Akuntabilitas Kinerja Departemen Dalam Negeri dan Petunjuk Teknis Sistim Akuntabilitas Kinerja Departemen Dalam Negeri;
  4. Keputusan Rektor IPDN Nomor : 423.2-199 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Panitia Pelaksana, Peserta, Narasumber dan Moderator Kegiatan  Pembahasan Draft Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah IPDN Tahun 2010.
Adapun maksud  dari penyelenggaran kegiatan di maksud adalah untuk membahas dan menyempurnakan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Institut Pemerintahan Dalam Negeri Tahun 2010. Tujuan kegiatan, antara lain:
  1. Memperoleh masukan/saran/koreksi dari pembahas dan satuan kerja terhadap draft LAKIP IPDN 2010 yang telah disusun;
  2. Melakukan pembahasan dan menyempurnakan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah IPDN Tahun 2010.
Output  kegiatan diharapkan berupa:
1.    Data masukan/saran/koreksi dari pembahas dan satuan kerja terhadap draft LAKIP IPDN yang telah disusun;
2.    Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah IPDN Tahun 2010.

Narasumber berasal dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan IPDN  dengan materi sebagai berikut :
  1. Kebijakan, Mekanisme dan Sistematika Penyusunan Laporan Auntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP);
  2. Draft  Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Institut Pemerintahan Dalam Negeri Tahun 2010.
 
 
Sumber : Bagian Perencanaan IPDN dan dokumentasi Humas
Last Update :  Admin (2011-03-12, 15:46:40)
 

Comments