696hari sejak
Penyiapan bahan pembahasan RKA-KL IPDN Tahun 2013

Renstra IPDN

Jajak Pendapat

Online Chatt

STANDAR BIAYA

diposkan pada tanggal 11 Agt 2011 19.58 oleh Didi Rasidi
Peraturan yang terkait dengan Standar Biaya yaitu:
  1. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 Tentang  Keuangan  Negara Pasal  3  ayat (1): “Keuangan Negara dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan ber tanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan”.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2004 Tentang   Penyusunan  RKA-KL  Pasal 7 Ayat (2): Dalam penyusunan anggaran berbasis kinerja diperlukan indikator kinerja, standar biaya, dan evaluasi kinerja dari setiap program dan jenis kegiatan. Ayat (5):  Menteri Keuangan menetapkan standar biaya, baik yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus  bagi  Pemerintah  Pusat  setelah  berkoordinasi  dengan  Kementerian  Negara/Lembaga terkait.
Standar Biaya merupakan besaran biaya yang ditetapkan sebagai acuan penghitungan kebutuhan biaya kegiatan baik yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus. Dalam bidang penganggaran terpadat 2 (dua) jenis Standar biaya yaitu Standar Biaya Umum (SBU) dan Standar Biaya Khusus (SBK).
  1. Standar Biaya Umum adalah Satuan biaya berupa harga satuan, tarif, dan indeks yang digunakan untuk menyusun biaya komponen masukan kegiatan, yang ditetapkan sebagai biaya masukan.
  2. Standar Biaya Khusus yaitu besaran biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah keluaran kegiatan yang merupakan akumulasi biaya komponen masukan kegiatan, yang ditetapkan sebagai biaya keluaran.
Standar Biaya Umum (SBU) berisisikan:
  1. Harga Satuan adalah nilai suatu barang yang ditentukan pada waktu tertentu untuk perhitungan biaya komponen masukan kegiatan;
  2. Tarif yaitu nilai suatu jasa yang ditentukan pada waktu tertentu untuk perhitungan biaya komponen masukan kegiatan;
  3. Indeks satuan biaya komponen masukan yaitu satuan biaya yang merupakan gabungan beberapa barang/jasa masukan untuk perhitungan biaya komponen masukan kegiatan.
Standar Biaya Khusus (SBK) berisikan:
  1. Total Biaya Keluaran yaitu besaran biaya dari satu keluaran tertentu yang merupakan akumulasi biaya komponen masukan kegiatan;
  2. Indeks satuan biaya keluaran yaitu satuan biaya yang merupakan gabungan komponen masukan kegiatan yang membentuk biaya keluaran kegiatan.
Standar Biaya sebagai pedoman penyusunan biaya kegiatan dalam RKA-K/L. Standar Biaya Umum (SBU) sebagai pedoman penyusunan biaya komponen masukan kegiatan, dalam rangka pelaksanaan kegiatan: batas Tertinggi transaksi (msl.: honor, uang harian perjadin, dst). Estimasi transaksi (msl.: tarif hotel, indeks biaya kantor, dst). Standar Biaya Khusus (SBK) sebagai pedoman dalam penghitungan biaya keluaran dari suatu kegiatan, referensi penyusunan prakiraan maju dan penghitungan  pagu indikatif Tahun Anggaran berikutnya. (by RSD)

Reference:
  • Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2004  tentang  Penyusunan Rencana Kerja Anggaran  Kementerian  Negara dan Lembaga
  • Peraturan Menteri Keuangan Nomor  100 Tahun 2010 tentang Standar Biaya  Tahun Anggaran     2011
  • Peraturan Direktur Jenderal Anggaran Nomor 02/AG/2010 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan  Standar Biaya Khusus

Comments