PAKTA INTEGRITAS BAGIAN PERENCANAAN

diposkan pada tanggal 27 Jun 2011 22.25 oleh Didi Rasidi

PAKTA INTEGRITAS

Saya, BAHRI,S.STP, M.Si dengan ini menyatakan menerima tugas dan tanggung jawab  selaku Kepala Bagian Perencanaan Institut Pemerintahan Dalam Negeri untuk membantu pelaksanaan tugas Kepala Biro Adm. Akademik, Perencanaan dan Kerjasama, saya akan mengikat diri pada prinsip dan ketentuan yang disebutkan dibawah ini:
  1. Dalam melaksanakan tugas selaku Kepala Bagian Perencanaan, Saya akan sangat waspada dan peka terhadap potensi benturan kepentingan (conflict of interest) di lingkungan saya, yang antara lain berupa: kepentingan organisasi/lembaga, atau apapun kegiatan saya sendiri seperti pada kepentingan bisnis melalui kepemilikan dalam bentuk apapun yang mengakibatkan Pengeluaran Anggaran Belanja. Saya juga memahami bahwa benturan kepentingan dapat muncul jika terdapat hubungan antara kebijakan yang perlu diambil/diputuskan dengan kepentingan anggota keluarganya dalam hubungan garis lurus ke atas dan ke bawah, hubungan garis lurus ke samping dan semenda, dan dengan institusi atau lembaga atau pihak yang terkait dengan tugas saya selaku Kepala Bagian Perencanaan  atau pihak yang terafiliasi atau terasosiasi dengan tugas saya.
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagai  selaku Kepala Bagian Perencanaan  saya akan menyusun rencana, melaksanakan kegiatan sesuai dengan tahapan-tahapan pelaksanaan Daftar Isian Pengguna Anggaran  (DIPA) dan berkoordinasi dengan pejabat/unit terkait  dalam rangka pelaksanaan kegiatan dimaksud serta  mengambil tindakan yang jelas dengan tegas untuk menjaga agar bebas dari setiap benturan kepentingan. Untuk mengurangi potensi benturan kepentingan maka saya akan secara proaktif menjauhkan diri dari potensi benturan kepentingan, dan memastikan tidak melakukan kegiatan bisnis apapun.
  3. Dalam melaksanakan tugas selaku Kepala Bagian Perencanaan,  saya akan memperlakukan setiap dan semua Satuan Unit di lingkungan IPDN serta pihak manapun yang berhubungan dengan ruang lingkup tugas saya berdasarkan prinsip-prinsip kerja secara adil, setara, dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip good governance.
  4. Dalam melaksanakan  tugas selaku Kepala Bagian Perencanaan, saya berkomitmen untuk:
  • Bekerja secara profesional, penuh semangat dan menjunjung tinggi integritas;
  • Mengutamakan kepentingan negara diatas kepentingan lainnya;
  • Menjaga martabat dan menghindarkan diri dari perbuatan tercela;
  • Tidak meminta/menerima uang jasa dan/atau bentuk imbalan lainnya yang tidak menjadi hak saya secara legal;
  • Tidak meminta/menerima hadiah, upeti atau gratifikasi apapun;
  • Tidak meminta/menerima pendapatan dari lain di luar yang diatur oleh ketentuan;
  • Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan, baik langsung maupun tidak langsung, untuk kepentingan pribadi, kelompok maupun golongan tertentu;
  • Tidak membuat janji atau komitmen yang diluar lingkup dan wewenang saya;
  • Tidak melakukan atau membiarkan perbuatan tercela yang dapat mengurangi citra IPDN, Pemerintah dan Negara Republik Indonesia;
  • Menjaga kerahasiaan semua data, informasi dan dokumen negara yang diketahui atau diterima sesuai ketentuan yang berlaku;
  • Menjadi teladan dalam pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme;
  • Melaporkan setiap penerimaan gratifikasi dalam bentuk apapun kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK);
  • Menyampaikan laporan kekayaan kepada KPK dan mengumumkan Pajak Penghasilan yang dibayarkan kepada negara; dan
  • Tidak akan menyampaikan pernyataan di muka umum yang bersifat mencela, menantang dan menentang keputusan dan kebijakan Rektor IPDN.
Demikian pernyataan ini saya nyatakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan keikhlasan. Apabila saya melanggar hal tersebut diatas, saya siap menerima sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku termasuk diberhentikan dari jabatan.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan bimbingan kepada saya untuk melaksanakan pakta integritas ini.

Jatinangor,          Januari 2011

Mengetahui/Menyetujui
KEPALA BIRO ADM. AKADEMIK, PERENCANAAN DAN KERJASAMA




H. BAMBANG ISWADJI NUGROHO, SH
NIP. 19510421.198003.1.009


   
Yang Membuat Pakta Integritas

KEPALA BAGIAN PERENCANAAN




BAHRI, S.STP, M.Si
NIP. 19750428.199511.1.001


Comments