KEGIATAN RUTIN KONSOLIDASI PERKEMBANGAN PELAKSANAAN PROGRAM REFORMASI BIROKRASI DI LINGKUP INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI

diposting pada tanggal 14 Sep 2011 20.26 oleh Didi Rasidi
Komitmen kuat lembaga Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dalam mendukung salah satu program nasional yaitu pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi, IPDN  mengagendakan rapat konsolidasi perkembangan pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi di lingkup IPDN minimal sebanyak 2 (dua) kali dalam setiap bulannya.

Adapun perkembangan pelaksanaan Program RB-IPDN per 13 September 2011, sesuai laporan dari masing-masing koordinator, sebagai berikut:

a.    Program penataan peraturan perundang-undangan:
  • Sudah melakukan revisi Permendagri No 39 Tahun 2009 ttg Organisasi dan Tata Kerja IPDN dengan keluarnya Permendagri No. 30 Tahun 2011;
  • Sudah menyusun draft Permendagri ttg Tunjangan Tambahan Dosen IPDN, Draft Permendagri ttg Skorsing Praja, Draft Permendagri ttg Remisi Hukuman Bagi Praja.
b.    Program penataan sistem manajemen Sumber Daya Manusia aparatur:
  • Sedang melaksanakan/mengerjakan Analisis Jabatan, Standar Kompetensi Jabatan, assesmen pegawai, pengembangan database pegawai, dan evaluasi jabatan;
  • Semua item kegiatan dimaksud diharapkan selesai pada pertengahan Desember 2012.
c.    Program penguatan pegawasan:
  • Sedang menginventarisir bahan untuk membuat pedoman efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan;
  • Sedang menyusun kode etik dan disiplin kerja pegawai IPDN;
  • Telah membentuk Satgas SPIP dan rencana penyusunan dan penegakan pelaksanaan SPIP IPDN.
d.    Program penguatan akuntabilitas kinerja:
  • Sedang menyusun penajaman IKU IPDN (IKU eselon I, II, III dan IV);
  • Sedang menyusun draft revisi Renstra dan rencana Revisi Renstra IPDN akan dibahas pada bulan Oktober 2011;
  • Sudah menyusun draft Rencana Kinerja Tahunan dan Penetapan Kinerja 2012 untuk semua satuan kerja dan unit kerja yang ada di lingkup IPDN, direncanakan awal bulan Desember 2011 sudah ditandatangani pimpinan.
e.    Program peningkatan kualitas pelayanan publik:
  • Sedang melakukan update data kepegawaian untuk penerapan SIMPEG;
  • Sudah mengidentifikasi layanan-layanan unggulan di setiap unit kerja;
  • Sedang melakukan penataan layanan yang tumpang tindih;
  • Sedang melakukan pengembangan kebijakan pendukung dan pengembangan informasi IPDN (website);
  • Sedang melakukan proses kerjasama dengan UGM dalam e-office di lingkungan IPDN an kerjasama e-government dengan Pusdatin.
f.    Program monitoring, evaluasi, dan pelaporan :
  • Menyusun agenda rapat kerja Reformasi Birokrasi IPDN;
  • Membuat undangan rapat, menyiapkan bahan rapat dan melaksanakan agenda rapat RB-IPDN;
  • Membuat  tabel rencana Pelaksanaan RB-IPDN;
  • Melakukan sosialisasi, dan mempublikasikan kegiatan RB-IPDN melalui internet (website bagian perencanaan  http://perencanaan.ipdn.ac.id
  • Menyusun laporan hasil rapat konsolidasi Perkembangan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan IPDN;
  • Menyusun laporan Semesteran Perkembangan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan IPDN;
  • Menyampaikan laporan semesteran RB-IPDN ke Kemendagri;
  • Mengkoordinasikan perkembangan pelaksanaan RB-IPDN ke Kemendagri
  • Menghadiri undangan rapat terkait Program RB-Kemendagri di Jakarta;
  • Mencari, mencopy dan menggandakan/membukukan peraturan perundang-undangan terkait Reformasi Birokrasi;
  • Mengevaluasi, mengumpulkan, merekap dan menyusun laporan perkembangan pelaksanaan RB-IPDN dari setiap koordinator program.
Langkah-langkah lebih lanjut yang akan segera dilakukan dalam melaksanakan Program Reformasi Birokrasi  di lingkungan IPDN, antara lain:
  • Meningkatkan kinerja Tim RB-IPDN dan mempercepat penyelesaian  kegiatan-kegiatan RB-IPDN sesuai tanggung jawab kelompok masing-masing;
  • Perlu segera disusun rancangan pola pengembangan karir pegawai;
  • Membuat peta peraturan mulai dari Perpres, Keppres, Permendagri dan Peraturan Rektor;
  • Memilah prioritas peraturan yang harus segera di revisi/disusun;
  • Penegakan reward and punishment bidang kepegawaian;
  • Penyusunan pedoman Sistem Pengawasan Intern Pemerintah lingkup IPDN;
  • Mengundang tim KPK dan pemasangan Baligo/spanduk anti KKN;
  • Percepatan penerapan system pembelajaran bilingual dan teleconference
  • Diagendakan rapat konsolidasi perkembangan pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi IPDN pada tanggal 27 September 2011.
Sumber: RSD, Tim RB-IPDN

Comments