Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Tahun 2011, berpedoman pada:
- Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi Tahun 2010-2025;
- Peraturan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20
Tahun 2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi Tahun 2010-2014;
- Surat
Edaran Ibu Sekretaris Jenderal Nomor 100/1432/SJ tanggal 19 april 2011,
perihal Pelaksanaan Kegiatan Reformasi Birokrasi Kementerian Dalam
Negeri Tahun 2011.
Adapun target yang harus diselesaikan sampai akhir Tahun 2011 terkait
pelaksanaan Reformasi Birokrasi IPDN sesuai Agenda dan Prioritas
Kegiatan Reformasi Birokrasi Institut Pemerintahan Dalam Negeri Tahun
2011, adalah sebagai berikut:
A. PROGRAM MANAJEMEN PERUBAHAN
1. Pembentukan Tim Reformasi Birokrasi IPDN
- Terbentuknya Tim Refor-masi Birokrasi IPDN
- Tersusunnya agenda Tim RB IPDN;
- Konsolidasi pelaksanaan tugas Tim RB IPDN
- Rapat kerja Reformasi Birokrasi;
- Review dokumen Reformasi Birokrasi;
- Dokumen strategi perubahan dan rencana implementasi Reformasi Birokrasi.
B. PROGRAM PENATAAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
3. Penataan berbagai peraturan perundang-undangan di lingkungan IPDN.
- Identifikasi peraturan perundangan
- Program legislasi (legal drafting dan legal audit).
C. PROGRAM PENATAAN DAN PENGUATAN ORGANISASI
4. Penguatan unit kerja pelaksana pelayanan publik di lingkungan IPDN
- Pelaksanaan rekonsiliasi eksternal dan internal keuangan (SAI);
- Pelaksanaan SIMAK BMN
- Mengintegrasikan sistem Layanan Pengadaan Secara elektronik atau LPSE (e-procurement);
- Pembukaan tempat/wadah untuk akses pengaduan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan IPDN (Kotak pengaduan).
D. PROGRAM PENATAAN TATALAKSANA
5. Analisis ketatalaksanaan (business process) di ling-kungan IPDN.
- Tersusunnya dokumen hasil analisis ketatalaksa-naan di lingkungan IPDN;
- Tersusunnya
dokumen hasil identifikasi kebutuhan tentang jenis dan jumlah Standar
Opera-sional Prosedur (SOP) pelayanan public dan administratif.
6. Penyusunan pola ketatalaksanaan (business process) di lingkungan IPDN.
- Penyusunan dan verifikasi SOP
- Bimbingan teknis penyusunan SOP;
- Penyusunan Standar Pelayanan Minimal;
- Penetapan legalitas SPM dan SOP
- Uji coba SOP.
7. Restrukturisasi Organisasi IPDN
- Penataan Organisasi
- Penyusunan Job Description
- Melakukan evaluasi /diagnosis organisasi
8. Pengembangan e-office lingkup IPDN.
- Pengembangan infrastruktur jaringan;
- Pembangunan data centre (net working Operation centre).
E. PROGRAM PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR
9. Validasi data kepegawaian, evaluasi jabatan untuk penetapan ” Peringkat Jabatan”
- Validasi data kepegawaian.
- Analisis Jabatan
- Analisis Beban Kerja
10. Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan Lingkup IPDN
- Tersusunnya dokumen Standar Kompetensi Jabatan untuk seluruh posisi jabatan yang ada sesuai struktur organisasi IPDN
11. Evaluasi Jabatan untuk menyesuaikan job grading dan job pricing dengan struktur organisasi IPDN
- Tersusunnya
peringkat jabatan (job grade) dan harga jabatan (job price) untuk
seluruh posisi jabatan yang ada sesuai struktur organisasi IPDN yang
baru.
12. Pelaksanaan asesmen individu pegawai lingkup IPDN berdasarkan kompetensi.
- Diklat Fungsional;
- Diklat Struktural;
- Diklat Teknis;
- Pendidikan lanjut
13. Pengembangan database pegawai lingkup IPDN.
- Terbangunnya sistem database kepegawaian lingkup IPDN.
- Tersedianya database pegawai IPDN (SIMPEG).
F. PROGRAM PENGUATAN PEGAWASAN
14. Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan IPDN.
- Terlaksananya sistem pengendalian intern pemerintah di lingkungan IPDN.
- Pelatihan auditor akademik;
- Pelaksanaan audit internal akademik;
- Pengawasan melekat.
15. Penegakan Kode Etik dan Disiplin Kerja Pegawai di lingkungan IPDN
- Tersusunnya Kode etik tenaga pendidik dan kependidikan di IPDN
- Penyusunan petunjuk teknis disiplin pegawai
G. PROGRAM PENGUATAN AKUNTABILITAS KINERJA
16. Penguatan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di lingkungan Kemendagri.
- Revisi Renstra IPDN Tahun 2010-2014
- Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT);
- Penyusunan Penetapan Kinerja (PK);
- Penandatanganan Penetapan Kinerja dan Pakta Integritas.
17. Penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU) setiap unit kerja di lingkungan IPDN
- Identifikasi dan penyusunan Indikator Kinerja Utama setiap unit kerja (Eselon II, III dan IV) lingkup IPDN
- Penetapan IKU
H. PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
18. Penetapan Target Kinerja Pelayanan di Lingkungan IPDN.
- Penyusunan target kinerja unit kerja
- Penetapan target kinerja unit kerja
19. Penerapan Standar Pelayanan di ling-kungan IPDN
- Diterapkannya standar pelayanan pada setiap unit kerja pelayanan di lingkup IPDN
I. PROGRAM MONITORING, EVALUASI, DAN PELAPORAN
20. Monitoring pelak-sanaan reformasi birokrasi di lingkungan IPDN.
- Terlaksananya monitoring pelaksanaan reformasi birokrasi lingkup IPDN;
- Tersusunnya laporan hasil pemantauan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan IPDN;
21. Evaluasi dan Pela-poran Tahunan Mengenai Perkem-bangan Pelaksana-an Reformasi Birokrasi di Lingkungan IPDN
- Terlaksananya evaluasi tahunan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan IPDN;
- Tersusunnya Laporan Tahunan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi IPDN.