747hari sejak
Penyiapan bahan pembahasan RKA-KL IPDN Tahun 2013

Renstra IPDN

Jajak Pendapat

Online Chatt

STANDAR KOMPETENSI JABATAN

diposkan pada tanggal 18 Agt 2011 20.38 oleh Didi Rasidi
Kompetensi merupakan karakteristik dasar individu yang berkaitan  dengan kinerja yang efektif atau superior pada suatu jabatan atau situasi tertentu. Kompetensi adalah kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang pns berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya, sehingga pns tersebut dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, efektif, dan efisien.

Ada tiga macam kompetensi, yaitu:
  1. Kompetensi organisasi, diuraikan dari visi dan misi, serta memiliki  faktor-faktor unik yang membuat daya  saing/kompetitif suatu organisasi.
  2. Kompetensi jabatan, berupa kumpulan/klaster karakteristik yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku yang relevan dengan tugas pokok, fungsi, dan perilaku kerja serta berkaitan dengan keberhasilan atau kegagalan  suatu jabatan.
  3. kompetensi individu yaitu keterampilan atau kemampuan seseorang pada suatu  keadaan atau tingkat tertentu.
Unsur utama kompetensi jabatan yaitu pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan   sikap perilaku (attitude). Ketiga unsur tersebut  merupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak terpisahkan. Adapun tujuan utama standar kompetensi jabatan :
  1. sebagai persyaratan dalam penyusunan pola karier PNS.
  2. menjamin obyektifitas, keadilan dan transparansi dalam pengangkatan PNS. dalam jabatan.
  3. menjamin keberhasilan pelaksanaan tugas jabatan secara profesional, efektif dan efisien.
  4. mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.
Standar kompetensi jabatan struktural (SKJ) merupakan persyaratan kompetensi minimal yang harus dimiliki seorang PNS dalam pelaksanaan tugas  jabatan struktural. Kompetensi jabatan struktural terdiri dari kompetensi dasar dan kompetensi bidang. Kompetensi dasar adalah kompetensi yang wajib dimiliki oleh setiap pejabat struktural. Kompetensi bidang adalh kompetensi yang diperlukan oleh setiap pejabat struktural sesuai dengan bidang pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya.

Comments